Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Monday, December 22, 2014

Petani dan Anak-anaknya - Dongeng Yunani

Pada jaman dahulu, hiduplah seorang petani yang amat kaya yang merasakan bila hidupnya tidak akan terlalu lama lagi, memanggil anak-anaknya di sebelah tempat tidurnya.

"Anak-anakku," dia berucap, "Coba perhatikan apa yang akan aku ucapkan pada kamu semua. Dengan kondisi apapun, tidak boleh menjual tanah yg dimiliki keluarga kita selama beberapa generasi. Hal ini disebabkan adanya harta karun tersembunyi. Aku tidak faham dimana posisi pastinya, namun harta itu ada di sini. Kejar dan cari harta tersebut dengan sekuat tenaga dengan cara menggali dan jangan terlewat sejengkal tanah pun yang tidak tergali.

Setelah mengucapkan itu, sang Petani akhirnya meninggal, dan tidak terpaut lama setelah pemakamannya, anak-anaknya mulai berusaha dengan sangat giat berusaha menggali setiap jengkal tanah pertanian mereka dengan sekop, bahkan ketika sudah menggalipun, mereka masih menggalinya lagi sampai berulang dua-tiga kali.

Tidak ada secuil emas pun yang bisa mereka dapatkan, namun herannya ketika musim panen, kantong dan pundi-pundi uang mereka menjadi sangat banyak dengan pendapatan dari panen yang amat besar dibandingkan dengan petani tetangga mereka. Hingga akhirnya mereka menyadari bahwa harta karun yang disampaikan oleh ayah mereka adalah keuntungan dari hasil panen yang melimpah ruah, dan giat bekerjanya mereka sebenarnya adalah harta karun itu sendiri.

Pesan Moral: Kerja keras adalah harta karun
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...