Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Tuesday, April 28, 2015

Legenda Telaga Pasir - Dongeng Indonesia

Gambar dari: www.alltravels.com
Dongeng Anak Dunia - Pada zaman dahulu di sebuah kampung hiduplah sepasang suami isteri petani yang hidup sangat sederhana tetapi kehidupan mereka sangat bahagia dan harmonis. Sepasang suami isteri itu bernama Ki dan Nyai Pasir, mereka hidup tanpa di karunia seorang anak.

Pada suatu ketika, selesai mencangkul duduklah Ki Pasir di pinggir sawah dengan bersandar di bawah pohon besar sambil melepas lelahnya. Dan tiba-tiba tangannya memegang suatu benda bulat dan licin yang berada di sampingnya. Sebutir telur yang berbentuk tidak selazimnya, telur tersebut sangat besar yang melebihi telur angsa.

Bertanya dalam hati Ki Pasir berkata “Telur apa ini, besar sekali?. Yasudahlah namanya telur ya tetap telur, si Nyai juga tadi sempat bilang kalau persediaan lauk kita habis.”

http://robust-chemical.com/lemari-asam-fume-hood-based-on-wooden-structure/ .adv - Akhirnya telur tersebut dibawa pulang untuk diberikan kepada isterinya . Namun sawahnya dilupakan begitu saja oleh Ki Pasir untuk dicangkuli, Ki Pasir lupa untuk melanjuti pekerjaannya.

Sesampainya dirumah, Ki Pasir memanggil isterinya sambil berteriak "Nyai kemari, lihatlah apa yang aku bawa."

Dengan wajah yang kaget ketika nyai melihat telur yang sangat besar dan aneh.

“Telur apa ini dan kau mendapatinya dimana?” tanya nya nyai kepada aki.

Ki Pasir menjawab, “Cukuplah, jangan terus kau tanya ini telur apa. Sebab aku pun juga tidak tahu."

“Aku sangat lapar, lebih baik kamu pergi ke dapur untuk memasaknya.”

Masakan pun sudah jadi dan nyai menyiapkannya di atas meja makan untuk segera disantap oleh mereka berdua. Dibaginya telur itu menjadi dua kemudian mereka memakannya dengan sangat menikmati. Rasa telurnya yang gurih melebihi dari telur ayam.

Setelah selesai makan tertidurlah mereka berdua, disaat tengah malam terbangunlah Nyi Pasar dan merasakan panas serta gatal pada sekujur tubuhnya. Namun tak terlihatnya sang suami yang biasa berada disampingnya, kemudian Nyai Pasir pergi untuk mencari dan meminta tolong kepada warga.

Sudah beberapa lama Nyai Pasir mencari suaminya didalam rumah tetapi ia belum menemukannya, akhirnya dia mencoba mencarinya lagi ke halaman rumahnya. Sangat terkejut melihat suaminya yang berguling-guling ditanah, dikarenakan mereka berdua sedang merasakan panasnya dan gatal disekujur tubuhnya setelah memakan telur yang sangat besar itu.

Ingin sekali Nyai Pasir menolong suaminya, namun seketika dia pun tak kuat untuk menahan rasa yang semakin panas dan gatal. Terjatuhlah Nyai Pasir di tanah yang bersampingan dengan suaminya sambil berguling-guling bersama di dalam tanah tersebut.

Berguling, berguling dan terus berguling mereka melakukannya tanpa henti sehingga tanah itu menjadi berlubang dan lama kelamaan semakin membesar. Semakin membesar lubang tanah itu yang kemudian dari dalam tanah tersebut keluarlah air yang menjadi sebuah danau. Beberapa lama kemudian tidak terlihatnya Ki Pasir dan Nyai Pasir, namun yang terlihat sepasang naga yang sangat besar dan menyeramkan yang berada disekitar danau itu. Sehingga terkenalah danau itu dengan sebutan Telaga Pasir.

Telaga Pasir ialah sebuah tempat wisata yang berada di Lereng Gunung Lawu, Magetan Jawa Timur. Namun sampai saat ini Telaga Pasir dikenal dengan nama Telaga Sarangan.

Sumber: Indonesia
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...