Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Friday, June 12, 2015

Angsa Berbulu Emas - Dongeng India

Gambar dari: www.tzuchi.or.id
Dongeng Anak Dunia - Pada zaman dahulu, ada seekor angsa berbulu emas yang hidup di sebuah kolam. Angsa berbulu emas itu hidup di sebuah kolam yang dekat dengan rumah seorang wanita tua bersama dua puterinya yang hidup miskin. Keadaan mereka sangatlah menyedihkan, hidup susah dan menderita. Angsa pun mengetahui keadaan wanita tua dan kedua puterinya yang sedang dalam masalah.

Kemudian angsa berfikir untuk bisa membantu mereka, "Aku akan membantu mereka dengan memberikan satu persatu bulu emasku, agar ibu tua itu bisa menjualnya. Dan semoga mereka dapat hidup lebih baik dari bulu emasku yang dijualnya nanti.”

Si angsa pun langsung terbang kerumah wanita tua itu.

“Kenapa kau datang kerumahku, kami tidak memiliki apa pun untuk diberikan kepadamu angsa.” kata ibu tua itu.

“Maaf ibu, aku tidak ingin meminta sesuatu dari ibu dan kedatanganku kesini ingin membantumu dengan memberikan bulu emasku satu persatu. Kemudian, juallah bulu emasku. Semoga dengan bulu emasku, kalian tidak akan menderita lagi." sahut angsa.

Dicabutlah selembar bulu dari tubuhnya dan kemudian ia pergi. Dari hari ke hari angsa selalu mendatangi rumah ibu tua itu untuk memberikan selembar emas yang ada di tubunya.

Dengan mejual buu-bulu emas itu, akhirnya ibu dan kedua puterinya hidup berkecukupan.

Tetapi wanita tua itu memiliki niat yang tidak baik kepada angsa. Dirinya ingin sekali mengambil semua bulu emas yang dimiliki si angsa. Pada suatu ketika si ibu berbicara kepada kedua puterinya, "Lebih baik kita jangan percaya kepada si angsa itu, dia hanya sebuah binatang. Dengan melihat keadaan kita sekarang, mungkin saja angsa itu tidak mau datang lagi untuk membantu kita. Kalaupun hal itu terjadi, hidup kita akan kembali miskin lagi. Bagaimana kalau besok angsa itu datang, lebih baik kita ambil saja semua bulunya."

Kedua puterinya menjawab dengan polos, "Ibu, niat ibu seperti itu akan menyakiti angsa itu dan kami tidak ingi melukainya. Angsa itu sudah baik kepada kita." Tetapi sang ibu tetap dengan niatnya.

Tiba saatnya yang dinantikan telah tiba, angsa itu datang lagi kerumahnya. Dengan cepat wanita itu menangkap angsa tersebut dan langsung mencabuti bulu emas yang ada di tubuhnya. Tetapi semua bulu-bulu emas itu berubah menjadi bulu yang sangat kasar dan aneh sekali. Melihat bulu-bulu tersebut berubah, si ibu sangat kaget.

Dengan sedih angsa itu berkata, “Wahai ibu yang amat sangat malang. Kenapa kau melakukan ini kepadaku, padahal aku datang kepadamu dengan niat ingin membantumu keluar dari kemiskinan. Tetapi kau malah ingin membunuhku. Baiklah, aku akan pergi dan tinggal akan pernah kembali lagi. Semua pertolonganku sudah kau balas dengan niat jahatmu.”

Kemudian sang ibu meminta maaf kepada angsa dengan penuh rasa penyesalan.

Angsa berkata, “Jangan rakus dan haus akan harta.”

Angsa pun terbang dan meninggalkan rumah wanita tua itu sampai hari-hari berikutnya tidak pernah datang lagi.

Sumber: India
Advertising - Baca Juga :
Kencan Buta, Bagaimana Nih?!
Makhluk Asing Menculik Kami
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...