Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Monday, December 14, 2015

Matahari Dan Angin - Dongeng Amerika

Courtesy of http://api.ning.com
Dongeng Anak Dunia - Amerika Serikat mempunyai dongeng anak yang berjudul Matahari dan Angin, cerita ini menceritakan tentang perselisihan antara sang Matahari dan sang Angin. Yang kedua-duanya merasa sangat bangga dengan kemampuannya sendiri-sendiri. Sang Matahari bangga dengan panasnya yang bisa membakar semua yang ada di depannya dan sang Angin pun bangga dengan apa yang dia punya, semua bisa dia angkat dan diterbangkan kemanapun dia suka.

"Percayalah hai sang Matahari kedatanganku sangat dinantikan manusia, ketika terikmu membakar. Pastilah manusia membutuhkan kesejukanku", sang Angin dengan congkaknya berkata kepada Sang Matahari.

"Namun manusia tak suka gayamu yang suka ngebut-ngebutan yang dapat menimbulkan puting beliung serta badai yang memporak porandakan rumah-rumah manusia. Kedatanganmu selalu ditemani atau membawa teman dekatmu si awan hitam, yang mengakibatkan hujan dan banjir dimana-mana. Dengan demikian sang Matahari yang menghangatkan bumi inilah yang sangat dibutuhkan manusia di muka bumi ini." Itulah cemoohan sang Matahari kepada sang Angin.

Matahari maupun Angin tidak pernah akur satu sama lain, kalau kebetulan bertemu mereka selalu saling menjelekan dan tidak ada yang pernah mau mengalah. Pada saat itu terjadi pertemuan dua musuh bebuyutan ini di negeri awan di atas sana.
Saat yang bertepatan dengan waktu itu seorang anak manusia lewat di sebuah perkampungan yang sepi.

"Saksikan saja hai sang Matahari sebentar lagi manusia yang sedang lewat itu akan menggunakan Jas Mantel tebalnya karena kedinginan yang sangat mengigil. tentu sang Anginpun dengan segera meniupkan angin dingin dengan kencangnya."

"Oh, cuman itu saja pengetahuanmu", maka sang Mataharipun segera unjuk gigi, sang Mataharipun memancarkan sinar yang sangat panas kepada pemuda terasebut, maka secara reflek jas Mantel itu pun di lepas karena kegerahan yang amat sangat.

"Seandainya angin bertiup dengan tenang, berhembus semilir menyejukan dan matahari bersinar tidak panas menyengat maka perjalananku akan sangat menyenangkan hati dan sanubariku."

Baik sang Matahari maupun sang Angin sangat terkejut akan perkataan sang pemuda barusan. Mereka berdua baru sadar sekarang betapa sombong dan egoisnya mereka berdua. Sebab semua makhluk di dunia ini membutuhkan mereka berdua. Baik dibutuhkan oleh manusia atau tumbuhan, hewan dan semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di alam dunia ini. Mulai sejak saat itu mereka berdua selalu hidup damai berdampingan dan tidak sombong lagi, satu sama lain.

Wasalam.
oleh: mamang
edit by: n3m0

Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...