Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Wednesday, December 2, 2015

Seorang Pria Dan Keledainya - Dongeng Kamboja

Dongeng Anak Dunia - Khek seorang pria asal negara Kamboja, dia adalah seorang pria yang lugu. Khek mempunyai seekor keledai dan dia ingin menjual keledai miliknya itu. Berangkatlah Khek dan anaknya ke pasar, yang tak terlalu jauh jaraknya dari tempat tinggal dia dan keluarganya menetap. Sebelum berangkat ke pasar Khek harus menjaga keledai miliknya agar tetap segar dan tidak kelihatan lelah sesampainya di pasar. Untuk itu lalu Khek mendukung keledainya dibelakang punggungnya.

Di tengah perjalanan Khek berpapasan dengan orang yang menertawakan kelakuannya itu. "Mengapa kau dukung keledaimu itu Khek? Yang saya tahu keledai adalah binatang atau hewan tunggangan," berkata orang tersebut kepada Khek.

Lantas saja Khek menurunkan keledai tersebut, dari dukungannya di atas punggung dia. Disuruhlah anaknya menaiki keledai itu, sementara dia sendiri menuntun sang keledai. Dan selanjutnya diapun  meneruskan perjalanan, pergi ke pasar untuk menjual keledai peliharaannya itu.

Selang beberpa saat berlalu, Khek dan anaknya yang sedang santai di atas punggung keledai, bertemu dengan orang kembali. "Dasar anak tidak tahu balas budi, enak-enak saja tuh anak, diatas punggung keledai sementara bapakmu dengan susah payah menuntunnya." Orang yang berpapasan tadi memaki-maki anak si Khek yang sedang enak-enak di atas punggung keledai yang dia tunggangi.

Kemudian Khek dan anaknya bersepakat untuk menunggangi keladai ini bersama-sama, biar tidak ada orang yang yang berkomentar lagi.
Akhirnya mereka berdua menaiki keledai itu, dan melanjutkan perjalanan pergi ke pasar.

Namun baru saja keledai itu melangkah beberapa tindak, ada seseorang yang menegurnya kembali dengan lantangnya.
"Apa yang kalian lakukan anak dan bapak ini, keledai yang pendek, kecil begini kau naikki berdua."
Itulah kata-kata yang keluar mulut orang tersebut.

"Sudah tiga kali kita ditegur orang-orang nak, bagaimana ini?" Khek bertanya kepada anaknya. Diputuskan akhirnya mereka berdua turun dari keledai tersebut dan menuntunnya.

Dituntunlah keledai itu berjalan menuju pasar tujuannya. Dan dalam perjalanan kali ini tidak ada komentar lagi dari orang-orang yang berpapasan dengan mereka.

Sesampainya di pasar, merekapun menawarkan keledainya itu. Mereka berdua, bapak dan anak itu berhasil  menjual hewan peliharaan itu dengan harga tinggi. Keledai Khek terjual, dengan rintangan perjuangan dalam perjalanannya. Petiklah hikmah perjalanan ini. Wasalam.
oleh: mamang
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...