Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, January 28, 2016

Anjing Kesayangan dan Keledai Pekerja - Dongeng Yunani Kuno

Courtesy of www.bom.co.id
dongeng anak dunia - Tersebutlah kisah dari seekor anjing dan seekor keledai. Sang anjing kecil dan cantik dipelihara didalam rumah tuannya sedangkan sang keledai tinggal didalam kandang sendiri.

Kandang yang selalu terisi kebutuhan hidup manusia sehari-hari, terutama gandum untuk persediaan makan. Itulah dua binatang yang dipelihara sang Bapak tani sebagai tuannya.

Sang bapak tani sangat sayang kepada dua binatang peliharaannya, akan tetapi karena sang anjing yang tinggal didalam rumah bersamanya sang Bapak tani lebih akrab dengan sang anjing.

Anjing sang sangat lucu sekali tingkahnya bisa menyenangkan hati sang tuannya. Berkat kepintaran itulah sang tuan selalu memanjakan sang anjing ini, bapak tani inipun sangat suka memeluknya dan selalu diberikan oleh-oleh apabila sang bapak tani keluar rumah. Serta makan diluar pasti dia akan membawakan sedikit makanan tersebut buat sang anjing kesayangannya.

Sementara sang keledai setiap harinya selalu sibuk membawakan kayu bakar dari hutan mengeringkan penggilingan dengan menariknya memutar serta pekerjaan berat lainnya, seperti mengangkut hasil ladang.

Itulah pekerjaan sehari-hari sang keledai yang sangat berat jauh sekali dengan pekerjaan sang anjing yang hanya bersenang-senang dan hidup mewah dengan sang tuannya.

Pikiran sang keledai selalu berkecambuk dalam hatinya bagaiamana caranya supaya dia bisa meraih hati sang bapak tani agar dapat diperlakukan sama seperti sang anjing. Kesempatan itupun dia dapatkan, pada suatu hari sang bapak tani ini lupa mengunci pintu kandang. Tidak disia-siakan lagi kesempatan ini, langsung saja sang keledai berlari kerumah sang bapak tani.

"Akan aku tunjukan kebolehanku kepada tuan, pasti sang tuan sangat senang dan aku akan disayang seperti sang anjing."

http://robust-chemical.com/lemari-asam-fume-hood-based-on-wooden-structure/ .adv - Sampailah sang keledai ini dirumah sang bapak tani. Sang tuannya sedang santai duduk diatas kursi dan langsung saja sang keledai ini beraksi. Dia pun melompat keatas pangkuan sang tuan seperti yang selalu dilakukan sang anjing. Namun apa yang terjadi, meja didepan sang bapak tani pun hancur berantakan terkena hantaman kaki sang keledai. Dan yang ada diatas meja itu hancur berkeping-keping, seperti piring-piring makanan dan gelas-gelas minuman. Aksi pertama mungkin gagal pikirnya, dia pun beraksi kembali dengan mengoyang-goyangkan pantatnya dan ekornya didepan sang tuannya.

Itulah yang biasa dilakukan sang anjing untuk menarik perhatian sang tuannya, tetapi aksinya ini membuat sang bapak tani menjadi ketakutan.

Namun tanggapan sang bapak petani lain lagi, mengapa keledainya bertingkah aneh seperti ini. Mungkin dia sedang kesurupan setan, ada yang merasuk pikiran dengan kelakuan yang tidak wajar ini.

Dipanggillah pembantunya untuk mengusir sang keladai dari rumahnya. Sang keledai pun akhirnya dipukulin dengan tongkat kayu yang keras dan sang pembantu inipun mengikatnya dengan tali yang kuat. Lalu sang keledai diseret kembali kedalam kandangnya dengan badan yang sakit habis dipukulin.

"Konyol sekali tingkahku hari ini, kesalahan yang sangat memalukan telah aku lakukan, mengapa aku meniru gaya sang anjing sementara aku ini hanya seekor keledai."

"Harusnya aku bekerja seperti biasa, dengan setia bersama yang lainnya. Sebab aku dilahirkan sebagai pekerja yang giat. Malah ingin menjadi sang anjing yang selalu hidup berbaur bersama manusia, dan hidup tinggal bersama sang tuan dirumah." Itulah renungan penyesalan dari sang keledai.

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki jangan menginginkan sesuatu diluar kemampuan kita.
Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...