Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Wednesday, January 20, 2016

Hancurnya Persahabatan - Dongeng Bosnia

Courtesy Of google images
dongeng anak dunia - Pada zaman dahulu kala ada dua binatang yang sangat bersahabat, sahabat yang sudah betul-betul saling percaya. Sepasang sahabat ini adalah sang Singa dan Serigala, sahabat yang selalu mencari makan bersama berburu bersama, itulah persahabatan karib yang mereka bina selama ini.

Namun persahabatan mereka akan segera berakhir ketika suatu hari sang Singa berburu dan berhasil mendapatkan seekor anak banteng yang sangat gemuk.

Anak banteng yang sangat gemuk hasil buruannya itu dia titipkan kepada sang Serigala sahabat karibnya dia pun sudah sangat percaya betul kepada sang Serigala itu. Sang Singa menyuruh sahabatnya untuk mengantar hasil buruannya kerumah keluarganya karena dia masih ingin berburu lagi.

"Sahabatku yang baik hati tolong kamu berikan anak banteng muda yang gemuk ini untuk keluargaku dirumahku," sebelum pergi meninggalkan tempat itu. Sang Singa meminta tolong sahabat karib sang Serigala.

Tetapi apa yang terjadi sang Serigala malah memanggil seluruh keluarganya untuk pesta makan daging banteng muda yang empuk dagingnya. Seluruh keluarga Serigala inipun sangat puas dengan makanan yang tersaji begitu nikmat dan lezatnya.

Haripun kini telah berganti sore menjelang malam hari, sang Singa sudah siap pulang kerumahnya. Dan sampailah dia dirumah keluarganya, "apakah daging banteng muda yang kalian makan tadi enak?" sang Singa bertanya kepada sang istri.

"Daging banteng muda apakah yang kamu maksud?" sang istri Singa itupun balik bertanya kepada suaminya.

"Karena hari masih siang sementara aku masih ingin berburu maka aku menyuruh sang Serigala untuk mengantar hasil buruanku, seekor banteng muda yang gemuk sekali!" sang Singa menjelaskan kepada sang istrinya.

"Hari ini aku tidak berjumpa dengannya," menjawab sang istri Singa singkat sekali, karena marah terhadap sahabat suaminya.

Sang Singa pun sangat marah sekali, "sahabat apa berlaku tidak jujur terhadapku tunggulah aku akan membuat perhitungan dengannya."

Dan keesokan harinya sang Singa telah siap menunggu didekat kolam tempat sang Serigala minum.
Tidak lama berselang yang ditunggu pun telah datang kekolam untuk minum, tanpa basa-basi lagi sang Singa langsung menerkam sang Serigala. Sang Serigala mengelak untuk menghindar namun kakinya masih terpegang oleh sang Singa.

"Kena juga kamu Serigala penipu, sahabat apa yang tega mencuri makanan temannya," sang Singa berkata sambil memaki sang Serigala.

"Apa yang kamu dapatkan dariku," sang Serigala tertawa mencibir.

"kakiku masih ada empat, kamu tidak memegang kakiku. melainkan akar kayu, kalau kamu tidak percaya ambil batu pukul akar pohon itu kalau itu kakiku pasti berdarah."

Sang Singa akhirnya melepaskan peganganya, dia akan mencari batu untuk memukul benda apa yang dipegangnya. Maka dengan cepat kesempatan itu dipergunakan sang Serigala untuk kabur, diapun kabur berlari menuju tali ditebing yang curam. Setelah meraih tali itu sang Serigala naik terus keatas untuk sampai kerumahnya yang berada ditengah-tengah tebing itu.

Sang Singa pun telah sampai ditempat itu dan meraih tali untuk naik kerumah Serigala, namun sayang tali itu sangat kecil dan tidak kuat dengan beban badannya yang memang berat.

Sehingga sampai sekarang sang Singa tidak akan pernah lagi berteman atau bersahabat dengan Serigala, dan demikian pula sang Serigala selalu takut apabila berjumpai dengan sang Singa.

Sampai disitulah persahabatan yang mereka bina selama ini, hancurlah persahabatan antara sang Singa dan sang Serigala.

Maka sampaikanlah yang menjadi amanah, kepada orang yang berhak atas amanah tersebut. Jika seseorang meninggalkan atau menitipkan sesuatu sampaikanlah barang atau pesan itu kepada yang berhak atas barang dan pesan itu. Jujur dan selalu jujurlah dalam hidup ini, sebab kejujuran adalah kunci dari sebuah persahabatan dan kepercayaan. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...