Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Tuesday, February 2, 2016

Sang Keledai Dan Sang Kuda - Yunani Kuno

Courtesy of www.kerygmateenz.com
dongeng anak dunia - "Bukan urusanku!" berkata seekor sang kuda sambil asyik berjalan dan sekali-kali berlenggak-lenggok dengan beban yang enteng dipunggungnya. Sang kuda itu hanya membawa beban rumput yang enteng diatas punggungnya, yang nanti akan menjadi santapannya dikandang rumahnya.

Sementara kawan disampingnya sang keledai dengan bawaan yang berat ada dipunggungnya, "Ambillah sedikit saja beban yang ada dipunggungku kawan aku sudah tidak kuat lagi dengan semua ini!" sang keledai ini terus membujuk sang kuda untuk membantu membawa sebagian barang bawaannya.

Namun tetap saja sang kuda tidak peduli sama sekali terhadap nasib sang keledai itu. Sedih rasanya hati sang keledai itu dengan sikap kawannya yang tidak perduli sama sekali terhadapnya.

Mereka berdua tidak berhenti berjalan, sang keledai dengan tertunduk dan menahan beban yang semakin lama semakin berat rasanya. lemari asam - Mereka berjalan berbaris dengan posisi sang keledai ditengah dan sang kuda berada didepan sedangkan sang majikkan mereka ada diposisi paling belakang. Jalan berat naik turun gunung yang terjal mereka lalui terus tanpa ada istirahat. Bagi sang kuda yang hanya membawa beban tidak terlalu berat dan tidak masalah namun lain halnya yang dialami sang keledai.

Sampai satu kesempatan kaki sang keledai itupun terpeleset dan jatuh terjungkir dengan beban bawaannya menimpah diatasnya. Dengan lutut kaki depan tertindih demikian sang keledai sudah tidak kuat lagi untuk berdiri sendiri.

Dengan gesit sang majikkan memindahkan beban yang ada dipunggung sang keledai keatas punggung sang kuda, dan sang majikkan pun terus mengikat kaki-kaki sang keledai itu. Sang keledai itupun akhirnya dinaikkan juga keatas punggung sang kuda.

Kini sang kuda telah penuh sesak diatas punggungnya dengan macam-macam beban yang begitu berat. "Aku sudah tidak kuat lagi dengan beban dan ditambah lagi dengan badan sang keledai!" Beban yang sangat mengerikkan sekali.

Mengapa aku tidak menolongnya tadi seandainya aku menolong sang keledai, kejadian ini mungkin tidak akan seperti sekarang ini.

Namun aku tidak akan menyangka akan terjadi sedemikian rupa, sekarang akulah yang harus menanggung akibatnya.

Berbuat baik itu tidak akan rugi, bisa jadi perbuatan baik itu akan menghasilkan kebaikkan dan akan terhindar dari hal buruk yang akan menimpa. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...