Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Wednesday, February 10, 2016

Sang Kura Kura Dan Sang Elang - Dongeng Inggris

Courtesy of www.orbitdigital.net
dongeng anak dunia - Santai sekali sang kura-kura ini berjemur diatas sebuah batu datar disamping sebuah kolam yang airnya begitu jernih.

Dipanjangkanlah kepala sang kura-kura memandang langit yang berwarna biru, angkasa raya yang cerah sekali kala itu. Namun tiba-tiba pandangannya tertuju pada seekor burung elang yang sedang terbang rendah dan serentak sang elang itu terbang melambung tinggi menyamai awan putih yang tergantung diangkasa. Hanya sebuah titik saja yang kelihatan oleh sang kura-kura itu. Serentak kemudian sang elang itupun turun lagi menukik tajam dari langit dan bertengger didekat batu datar tempat sang kura-kura berjemur.

"Apa kabar?" Sang elang dengan sapaan ramahnya, "dihari yang cerah ini apakah bapak kura-kura sehat-sehat saja?"

"Tentu saja aku sehat-sehat saja selalu, tetapi aku sangat bosan dengan kehidupkanku yang sekarang ini!" jawaban serunya.

"Alangkah indahnya apabila aku bisa terbang seperti kamu, hai sang elang baik hati!"

"Tolonglah ajarkan aku, caranya bisa terbang seperti kamu, yang bebas melayang kesana-kemari kemanapun kamu suka!" Cerocosnya sang kura-kura tidak mau berhenti berbicara.

"Namun kamu tidak akan bisa terbang karena kamu tidak punya sayap sepertiku!" sang elang dengan bijak berkata kepada sang kura-kura temannya itu.

"Tetapi nanti seandainya aku bisa terbang kamu akan aku berikan harta yang banyak sekali tersimpan dibawah kolam ini sebagai hadiahnya." Sang kura-kuara menawarkan harta karun yang terpendam didasar kolam, sebagai rahasia kekayaan alam yang terpendam jauh didasar kolam.

"Baiklah kalau begitu!" selanjutnya sang elang pun menghampiri sang kura-kura dicengkeramlah dengan kedua cakarnya yang kuat dicangkang rumahnya. Kemudian sang elangpun membawa sang kura-kura itu terbang tinggi keangkasa.

Sesekali sang elang terbang rendah diatas pucuk-pucuk pepohonan kayu yang terbentang dihutan dan sesekali sang elang terbang tinggi melambung diangkasa menembus awan.

"Nah sekarang kamu telah tahu caranya terbang, bersiap-siaplah aku akan melepasmu terbang sendiri!" berkata sang elang.

Kemudian sang elang melonggarkan cengkeraman serta merta sang kura-kura ini terbang bebas diangkasa, melayang kesana dan kemari, kadang-kadang berputar-putar tidak menentu arah mana yang dituju.

Dan kembali diapun terjatuh tepat dimana tadi batu datar tempat dia bersantai, tubuhnya menimpah batu tersebut dan akhirnya hancur berkeping-keping. Tamatlah sudah cita-cita sang kura-kura untuk bisa terbang seperti elang.

"Betapa malangnya nasibmu bapak kura-kura, keinginan itulah yang membunuhnya!" seru sang elang dari kejauhan.

Maka bersyukurlah dengan hidupmu, jangan ingin menjadi orang lain. Semua makhluk hidup diberi kemampuan masing-masing. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...