Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Wednesday, February 17, 2016

Sang Nelayan - Dongeng Yunani

Courtesy of www.hatikupercaya.com
dongeng anak dunia - Sang neyalan sedang sibuk menyiapkan peralatan yang mau dibawa untuk menangkap ikan disungai hari ini.

Namun tidak seperti biasanya sang nelayan ini selain membawa pancingan, dia pun membawa jala yang sangat besar dan yang lebih mengherankan lagi sang nelayan membawa sebuah alat musik tabuh rebana. Apa yang akan diperbuatnya dengan jaring besar dan rebana tersebut.

Sampailah sang nelayan disungai yang akan dijadikan tempat menangkap ikan, lalu dia pun memilih tempat yang menurutnya cocok dan ikannya banyak. Tepian lubuk sungailah bagian paling terdalam dari sungai itu, dimana pasti sang ikan akan berada banyak sekali didalamnya. Itulah yang terlintas dalam pikiran sang nelayan.

Setelah sampai ditempat yang dituju sang nelayan merapihkan tempatnya untuk duduk ditepi sungai dan langsung rebananya ditabuh dimainkan sambil bernyanyikan lagu-lagu merdu.

Ketipak ketipung ketipak ketipuuuung......ketipak ketipung ketipak ketipuuuung......pak pak pak pak suara rebana bertalu-talu berirama menurut tepukkan tangan sang nelayan. Dan tidak lupa beberapa senandung telah dia nyanyikan dengan suara yang cukup lumayan merdu.

"Aku kan mencoba menarik perhatian ikan-ikan dengan irama rebana yang kutabuh dan suara nyanyianku ini!" katanya dalam
hati sang nelayan.
 
Nyanyian merdu sang nelayan terus diperdengarkan dengan tangannya yang terus tidak berhenti-henti menatuh rebana. Namun apa yang diharapkan sang nelayan tidak menjadi kenyataan, sang ikan yang berada didasar sungai tidak muncul ke permukaan sungai untuk menari.

Lalu sang nelayan pun melemparkan jaring besarnya yang hampir menutupi lubuk sungai tersebut dan diangkatlah pelan-pelan jala tersebut.

Ikan sangat banyak sekali didalam jaring besar itu ikan yang beraneka jenis dan dengan ukuran yang terkecil hingga yang paling besar, hati sang nelayan sangat puas sekali melihat hasil tangkapan tersebut.

Namun jaring besar itu tidak diangkatnya kedarat untuk diambil ikan-ikannya, tetapi sengaja jaring itu diikatkan pada pepohonan yang ada ditepian sungai.

virtual office jakarta selatan adv. - Kemudian sang nelayan kembali duduk dan menabuh rebana sambil bernyanyi kembali, aneh bin ajaib semua ikan yang ada didalam jaring berloncat-loncatan menari mengikuti hentakkan rebana dan merdunya suara sang nelayan.

"Nah! begitu, mengapa tidak dari tadi kalian pada menari, hai sang ikan!" sang nelyan berseru girang.

"Tentu saja kami baru menari sekarang, sebab tadi kami masih bebas dialam sana, namun sekarang kami telah dibawah pengawasanmu kami tidak bebas." sahut sang ikan yang sudah berumur tua dan berbadan sangat besar sekali.

Kemauan seorang bos adalah perintah dan kita harus menuruti perintahnya apa adanya. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...