Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Tuesday, February 2, 2016

Sang Tamak Dan Sang Dengki - Yunani Kuno

Courtesy of smeaker.com
dongeng anak dunia - Zaman dahulu kala hiduplah dua keluarga yang tinggal bertetangga. Satu keluarga dengan ciri khasnya yaitu mempunyai sifat pendengki dan satu keluarga lagi mempunyai sifat tamak. Keluarga sitamak dengan serakahnya dia tidak akan pernah puas denagn apa yang dimilikinya dan keluarga si dengki akan merasa tidak puas kalau sang tetangganya berhasil dan memperoleh kebahagiaan dia ingin lebih berlimpah dari yang lainnya.

Keluarga sang tamak selalu berdoa agar semua keinginannya menjadi kenyataan sehinggga dengan ketamakannya dia berharap menjadi orang yang kaya raya. lemari asam - Tuhan maha pemurah dan doa sang tamak pun terkabul maka keluarga tamak ini menjadi keluarga kaya.  

Keluarga sang dengki selalu berdoa agar semua keinginannya terkabul, dalam doanya keluarga sang dengki ingin menjadi kaya dan kekayaannya dua kali lebih kaya dari tetangganya si keluarga tamak. Doa inipun dikabulkan tuhan maka keluarga sang dengki menjadi kaya dua kali lipat dari keluarga sang tamak.

Sudah kayapun keluarga tamak ini tidak pernah puas, maka keluarga tamak inipun berdoa kembali memohon diberikan emas satu kamar penuh. Seperti kejadian diatas doa tersebut terkabul kembali keluarga tamak inipun mempunyai emas satu kamar penuh.

Melihat tetangga berhasil dengan doanya yang kedua, keluarga dengki pun dengan giatnya berdoa kembali. Seperti biasa kalau keluarga sang dengki tentu saja dia memohon dua kali lipat dari kekayaan sang keluarga tamak. Disinilah kekuatan doa itu berbicara dan tuhan pun mengabulkan permintaan sang dengki. Keluarga sang dengki pun mendapatkan emas dua kamar penuh.

Namun namanya juga tamak, serakah, tidak puas, melihat keluarga sang dengki mempunyai kekayaan yang dua kali lipat lebih banyak dari harta benda, keluarga tamak inipun tidak tahan panas sekali hatinya.

Karena hati selalu gelisah dengan keberhasilan orang, namanya juga tamak pada satu kesempatan secara tidak sadar terlontar ucapan yang tidak pantas terlontar tidak sengaja, "Picingkanlah sebelah mataku, biar aku tidak dapat melihat apa yang dia punya, sehingga hati tenang tidak panas lagi!" terkabullah permintaan sang tamak sejak saat itu mata sebelahnya menjadi buta.

Begitu terkabulnya permintaan sang keluarga tamak ini, maka keluarga sang dengki mendapatkan dua kali lipat seperti yang didoakan selama ini yaitu dua kali dari keluarga sang tamak.

Secara mendadak kedua mata keluarga sang dengki telah menjadi buta. Berbuat jahat mendapat kejahatan dan berbuat baik mendapatkan kebaikkan. Pilihlah mana yang sekiranya akan anda lakukan. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...