Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, April 28, 2016

Asal Muasal Lagu Nina Bobo - Dongeng Belanda

Courtesy of tobeeinspired.blogspot.com
dongeng anak dunia - Zaman dahulu kala ada satu keluarga kecil yang sangat bahagia dengan seorang putri kecilnya yang cantik dan sangat lucu sekali, kedua orang tuanya sangat sayang terhadap putri tercintanya.

virtual office di jakarta .adv - Lahir dari seorang Ibunda bangsawan jawa yang bersekolah di negara Belanda dan menikah dengan sang suami yang orang Belanda asli, tentu saja sang anak perempuannya ini begitu lucu dan cantik.

Sang anak kecil yang cantik dan lucu ini bernama Helenina dan sang Ibunda bernama Mustika serta sang papah bernama Van Rodjnik, dan untuk nama kesayangan kepada sang anak mereka memanggilnya dengan sebutan pendek saja yaitu Nina.

Mereka kini tinggal di negeri Belanda mengikuti sang Papah yang berkebangsaan Belanda, keluarga kecil ini sangatlah bahagia, sang papah sangat menyayangi sang anak yang lucu dan istri cantiknya anak keturunan bangsawan jawa yang bernama Mustika.

Namun sang anak perempuan kecil yang lucu mempunyai masalah susah tidur, dengan sendirinya sang Ibunda selalu menemani sang anak tatkala malam menjelang tidur dengan bernyanyi atau bersenandung sampai sang anak tercinta tertidur pulas.

Dengan demikian sang anak tidak akan tertidur manakala sang Ibunda tidak bersenandung dengan nyanyian pengantar tidurnya.

Sang Papah yang sering mendengar istrinya bersenandung setiap malam dengan nyanyian yang selalu berbeda-beda sampai sang anak tertidur memberikan saran agar lirik lagunya di rubah saja.

lagu sederhana yang mudah diingat dan sang anak mengerti lagu senandung yang dinyanyikan maka tercipta lagu yang sering kita dengar dari dahulu yaitu, " Nina bobo ooh nina boboo....., kalau tidak bobo.. di gigit nyamuk...."

Setiap malam hari tiba, sang Ibunda akan bersenandung sampai sang anak pun sangat hafal benar dengan lirik senandung lagu tersebut dan mengikuti sang Ibunda bernyanyi dengan riangnya dan akhirnya terlelap tidur dengan pulasnya.

Nasib manusia yang hidup di alam semesta ini sudah ada yang mengatur kita, hanya makhluk ciptaannya yang hanya mampu berusaha serta berdoa sebab semua telah ditetapkan dan akan dikembalikan kepada sang penciptanya.

Seperti yang dialami keluarga kecil yang bahagia ini, sang Nina pun sakit dan akhirnya meninggal dunia tentu saja sang Ibunda dan sang Ayahanda sangat sedih sekali anak semata wayang mereka kini telah kembali ke pangkuan sang penciptanya Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kesedihan yang sangat mendalam telah tergores dalam hati sang Ibunda tercinta kala malam hari tiba seakan sang anak menghantui dan berbisik untuk sebuah lirik lagu yang sering mereka nyanyikan bersama yaitu Nina Bobo.

Bisikkan dan tangisan sang anak yang telah tiada meninggalkan dunia selalu menghantui dalam setiap langkahnya maka tak ayal lagi ketika malam menjelang sang Ibunda selalu bersenandung sampai malam larut dan dia sendiri pun akhirnya ikut tertidur karena kelelahan.

Hampir setiap malam kebiasaan yang dilakukan Mustika Ibunda sang Helenina tidak pernah berhenti untuk bersenandung lagu lirik nini bobo dengan penuh perasaan seakan-akan dia sedang menina bobokan sang anaknya tercinta.

Dan sampai akhirnya dia pun ikut menyusul sang anak tercinta ke surga, Ibunda Helenina Ibu Mustika meninggal dunia kini telah hidup damai di surga bersama sang anak tercinta Nina.

Tetapi tidak sampai disitu walaupun sang Ibunda telah meninggal dan menyusulnya ke surga namun bisikkan arwah dari anaknya yang selalu ingin dinyanyikan lagu senandung tidurnya, Nina bobo kini beralih ke Papahnya.

Tetapi pikiran sang Ayahnda tatkala bersenandung selalu sangat terganggu dan mengakibatkan pikiran yang bukan-bukan dan aneh-aneh akan timbul begitu saja, perasaan hatinya menjadi tidak enak sekali.

Sampai akhirnya karena pikiran yang tidak tenang dan selalu dihantui arwah sang anak tercinta yang telah meninggal dunia, Ayahanda menjadi sering sakit-sakitan jarang makan dan minum, angan-angannya melayang jauh entah kamana.

Dan pada suatu hari dia pun ikut pula menyusul sang anak tersayang Helenina dan istri tercinta Mustika meninggalkan dunia fana ini menghadap Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dan sampai sekarang pun di seluruh dunia seseorang yang akan menidurkan sang anaknya dengan bersenandung lagu pengantar tidur nina bobo, "konon," akan didatangi arwah Nina dan turut membantu sang anak untuk segara tidur dan bermimpi indah, katanya.

Demikianlah nyanyian senandung pengantar tidur anak, "Nina Bobo," tercipta. Dan mudah-mudahan dari cerita tadi di atas, kita semua dapat mengambil hikmahnya serta membuat kesimpulan, bahwa kasih sayang yang diberikan orang tua kita akan selalu abadi selamanya. Sekian.

Wasalam,
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...