Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Tuesday, September 13, 2016

Cincin Perunggu - Dongeng Arab Saudi

Courtesy of budy-jazz.blogspot.com
dongeng anak dunia - Suatu hari Raja putus asa karena istananya dikelilingi oleh gurun, taman yang indah serta tanaman yang selalu berbuah dengan tanahnya yang subur. Dia menyarankan untuk mencari tukang kebun "yang nenek moyang juga tukang kebun," Dia menemukan orang seperti itu. Di bawah perawatan mereka jadilah sebuah taman yang indah dengan tanah di sekitarnya tumbuh subur dan berkembang rimbun, namun masalah baru kemudian muncul dari keluarga tukang kebun yang mempunyai anaknya yang berwajah sangat tampan.

Sang putri mencintai anak tukang kebun dan mau menikah dengan pemuda tersebut, tidak mau dengan orang lain. Setelah dia menolak pilihan ayahnya untuk jadi suami (seorang pemuda anak perdana menteri), Raja akhirnya mengadakan perlombaan untuk menyelesaikan masalah ini. Dua orang harus pergi ke tujuan yang jauh dan yang pertama kembali akan menikah dengan sang putri. Mereka tidak pergi pada pijakan yang seimbang. Anak Menteri dilengkapi dengan kuda yang bagus dan uang koin emas sebagai bekalnya, sementara anak tukang kebun di berikan kuda tua yang lamban jalannya dan uang koin tembaga. Anak perdana menteri berpergian dengan cepat sekali dan di jalan bertemu seorang wanita memakai kain yang lusuh, lemah dan sangat kelaparan, dia memohon bantuannya. Namun dia acuh dan pergi berlalu begitu saja.

Anak tukang kebun kemudian bertemu juga dengan wanita itu. Dengan murah hati, dia memberinya dompet dan mengundang dia untuk naik di belakangnya. Pada kota berikutnya, tentara mengumumkan tentang seorang sultan yang sakit, dan bahwa siapa pun yang menyembuhkan dia akan mendapat nama dan pahala. Wanita yang ada di belakang sang anak tukang kebun adalah seorang penyihir, dia menginstruksikan anak tukang kebun untuk menemukan dan membunuh tiga anjing dan membakar mereka lalu mengumpulkan abu mereka, kemudian datang menemui sultan yang sakit. Tempatkan sultan yang sekarat dalam kuali di atas api menderu dengan air yang mendidih supaya rasanya sampai ke tulang-tulangnya.

Akhirnya, sang anak tukang kebun mengatur tulang sang sultan dengan benar dan menyebarkan abu anjing. Anak tukang kebun melakukan semua hal ini dan sang sultan kembali sembuh dari sakitnya "bagaikan hidup kembali," muda hangat dan penuh gairah. Persis seperti yang disarankan sang wanita penyihir, anak tukang kebun memilih cincin perunggu untuk hadiahnya dan dia tidak meminta atau menerima apa-apa lagi. Cincin tersebut berisi jin yang akan memberikan setiap keinginannya. Sekarang anak tukang kebun meneruskan perjalanannya menggunakan sebuah kapal layar yang megah luar biasa dengan muatan permata, layar brokat dan lambung emas, diawaki oleh belasan pelaut tampan, masing-masing berpakaian seragam, bagaikan saudagar kaya seperti Raja saja, itu semua berkat cincin perunggu yang di pakainya.

Akhirnya dia bertemu dengan saingannya yang telah menghabiskan semua kekayaannya. Belum diakui, anak tukang kebun menawarkan kepada saingannya sebuah kapal layar, dengan syarat bahwa kulit punggung nya harus dicap dengan cincin perunggu yang dipanaskan dalam api. Setelah selesai, anak tukang kebun meminta cincin untuk mempersiapkan sebuah kapal dengan setengah busuk kayu dicat hitam, layar compang-camping dan kru cacat dan sakit-sakitan. Dengan kapal tersebut, anak perdana menteri kembali melanjutkan perlombaan untuk menjadi suami dari putri Raja.

Raja tampak di pelabuhan dan bertanya-tanya di kapal emas siapakah yang berlayar berkilauan itu, dia ingin sekali melihat ke dalamnya. Dia melihat (anak tukang kebun) yang menjadi kaptennya dan dia mengundang untuk melihata kedalamnya. Setelah pemeriksaan lebih dekat, sebenarnya sang Raja mengundang dia untuk memberikan pengantin wanita. Anak tukang kebun setuju, tetapi ketika dia melihat seorang laki-laki yang tidak setuju dia keberatan, mengatakan kepada Raja bahwa orang itu tidak layak bagi sang putri, yang tidak lebih dari budak sendiri. putra perdana menteri membantah ini, tetapi merek cincin perunggu di punggungnya berfungsi sebagai bukti kekejamannya. Anak tukang kebun menikahi putri dengan senang hati di hari itu dengan berkat Raja. Mereka memiliki waktu yang singkat tetapi sangat bahagia.

Sementara itu, seorang mahasiswa seni hitam telah datang untuk belajar tentang jin dari cincin perunggu. Ketika sang pangeran berlayar untuk perjalanan kenegaraan diatas kapal emasnya. Dia mahasiswa pelajar membujuk sang putri untuk menjual cincin perunggu milik suaminya dengan beberapa ikan yang berwarna merah nan indah. Setelah dia memiliki cincin, dia ingin perahu pangeran dari emas berubah kebentuk kayu busuk, krunya dari laki-laki lemah dan pangeran menjadi budak mengerikan, dan kargo dari permata ke kucing hitam yang rakus-rakus.

Menyadari bahwa musuh sekarang sudah mengambil cincin perunggu miliknya, kapal layar pangeran  berlayar menuju ke sebuah pulau yang dihuni oleh para tikus. Mouse Queen atau Ratu Tikus mengirim utusan untuk meminta sang pangeran jangan membongkar muatan yang berada di kapal layar itu, karena terdapat kucing yang mengerikan di pulau tersebut. Pangeran setuju, dengan syarat bahwa cincin perunggu ditemukan dan kembali kepadanya. Mouse Queen memanggil semua tikus dari dunia, tiga di antaranya tahu bahwa penyihir membuat cincin perunggu di sakunya ketika terjaga, dan di mulutnya saat tidur. Ketika pergi untuk mengambil cincin, salah satunya menggelitik hidung penyihir yang sedang tidur dengan ekornya, dan ia membuang cincin dari mulutnya dengan bersin. Setelah beberapa petualangan, tikus berhasil mengembalikan cincin untuk pangeran, dan mengembalikan kapal emas kemudian bergegas pulang ke negeri sang putri. Tidak lupa dia pun menangkap mahasiswa penyihir yang jahat dan membuat pria itu di pecah menjadi potongan-potongan dengan mengikatnya pada ekor-ekor keledai liar yang terdapat di hutan besar.
Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...