Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Friday, September 30, 2016

Gagak Dan Kendi - Dongeng Polandia

Courtesy of caricerpenku.blogspot.com
dongeng anak dunia - Seekor burung gagak sedang berputar-putar di udara, dia terbang mengamati tempat tersebut untuk mencari air, namun musim kemarau yang begitu panjang ini membuat seluruh sumber mata air susah di carinya. Tetapi sang burung tidak putus asa, dia terus mencari dan mencari air walaupun kemungkinan besar harus berebut dengan hewan-hewan yang lain yang sama-sama membutuhkannya dan tentu beresiko baginya.

Sementara di daratan, sang lembu yang badannya sangat kurus kering sedang berjalan-jalan menahan haus karena sudah beberapa hari dia tidak minum air. Sungguh memilukan nasibnya kala itu, namun langkahnya segera terhenti ketika kakinya tersandung sebuah kendi tua yang sangat panjang tertanam ke dalam tanah di tempat tersebut. Dia berhenti dan mengamati apa masih tersimpan air di dalam wadah tersebut. Namun apalah daya, usahanya sangat sia-sia karena dia tidak dapat melihat ke dalam tanah karena mukanya yang cukup lebar, sementara posisi matanya untuk melihat tidak bisa menempel di lubang kendi yang ujungnya kecil, dengan putus asa dia kembali melanjutkan pencariannya yang sia-sia untuk hari ini.

Semua kelakuan yang ada di bawah tidak luput dari pengamatan sang gagak yang bermata sangat tajam mengawasi apa yang sedang di lakukan sang kawannya lembu dari atas. Baru dia meluncur turun setelah tahu sang lembu berlalu dari tempat tersebut dan menghampiri tempat yang barusan menjadi kegiatan sang lembu kawannya. Terlihatlah sebuah kendi tua besar dan cukup panjang tertanam di dalam tanah. Dengan cepat diintipnya apa yang ada di dalam kendi dengan matanya yang sangat tajam kala melihat kendi tersebut, namun dia hanya melihat bayangan hitam yang gelap saja. "Tidak ada apa-apa!" pikirnya dalam hati.

Namun sejenak hatinya menjadi penasaran lalu diambil satu buah batu kerikil kecil dan di masukkan ke dalam ujung lubang kendi tersebut dan dia mendengar suara seperti air tertiban sesuatu, batu kerikil kecil yang tadi dia masukkan menimbulkan suara, "air,,,,,.Air," serunya sangat gembira. Tanpa ragu paruhnya langsung dimasukkan diujung lubang kendi untuk minum, namun ada daya air masih jauh di dasar kendi. Sang gagak terdiam sejenak mencari akal bagaimana caranya mendapatkan air tersebut, tiba-tiba," Ahha! katanya dia lalu beranjak dari tempat tersebut mencari batu-batu kerikil kecil untuk di masukkan ke dalam kendi. Setelah cukup banyak kerikil masuk, otomatis air menjadi naik kepermukaan sehingga paruh sang gagak dapat mencapai air tersebut.

Sungguh pintar akal sang gagak untuk kali ini, sungguh nikmat air yang dia minum kala itu seluruh dahaganya kini telah terobati, seluruh badannya merasakan kesegaran karena tidak kekurangan air.


Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih                               
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...