Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Wednesday, September 28, 2016

Monyet dan lumba-lumba - Dongeng Yunani

Courtesy of 365ceritarakyatindonesia.blogspot.com
Athena adalah tempat wisatawa yang sangat besar di Yunani. Untuk waktu ini telah menjadi model trend antara orang-orang untuk membeli hewan peliharaan mereka dalam perjalanan wisatanya, perusahaan hiburan menyediakan beberapa jenis binatang peliharaan yang sedang banyak diminati para pengemar. Lapdogs atau anjing-anjing yang lucu, berbadan kecil dan monyet adalah binatang favorit yang menjadi incaran para pencintanya.

Setelah seorang pria yang akan kembali ke negaranya di Athena yang pulang dari negeri Timur jauh, Pria itu berpergian dengan sebuah kapal besar dengan monyet peliharaannya yang setia menemaninya. Ketika suatu hari badai besar melanda kapalnya dan menyebabkan kapal besar itu terbalik, seluruh badan kapal porak poranda diterjang sang badai dahsyat kala itu. Semua orang di kapal bergegas untuk meraih potongan kepingan-kepingan kapal yang mengambang di bawah reruntuhan untuk menopang dirinya dan berusaha berenang untuk bertahan menyelamatkan diri.

Beberapa orang mencoba untuk berenang memperjuangkan hidupnya untuk selamat, dan beberapa orang lain tenggelam tidak berdaya oleh ganasnya lautan yang mengamuk saat itu.

Sang monyet bukan perenang yang handal, dia menjerit-jerit di dalam air meminta pertolongan kepada siapa saja, dan dia juga hampir tenggelam jika dia tidak diselamatkan oleh seekor lumba-lumba. Sang monyet percaya seorang pria telah menolong dirinya serta membawanya di atas punggungnya.

Setelah badai mereda atau tenang sedikit. Sang lumba-lumba bertanya kepada sang monyet, "apakah engkau berasal dari Athena? tanya sang lumba-lumba. Sang monyet berpikir untuk berpura-pura berbohong menjadi seorang pria sejati, sehingga dia menjelaskan dengan mengatakan kepada sang lumba-lumba bahwa dia memang berasal dari keluarga yang sangat kaya dan terhormat dari kota Athena di Yunani.

Kemudian, "apakah engkau mengetahui Piraeus?" tanya sang lumba-lumba. Piraeus adalah nama pelabuhan di Athena yang akan dituju oleh sang lumba-lumba untuk menyelamatkan sang monyet yang sekarang masih berada di punggungnya. Tetapi monyet tidak tahu maksud sebenarnya dari pertanyaan yang diajukkan sang penolong dirinya dan dia hanya berpikir sang lumba-lumba sedang berbicara tentang sebuah keluarga yang terkenal serta kaya raya. Sampai-sampai lumba-lumba pun mengenal keluarga tersebut.

Lalu dia menjawabnya, "Oh memang, dia adalah teman saya yang sangat baik! Jika Anda mendapatkan saya pulang dengan selamat, mereka akan pastikan untuk membalas budi baik Anda dengan harga sangat mahal! ". Jawaban ini menunjukkan kepada sang lumba-lumba bahwa dia telah membawa seorang pembohong yang curang di punggungnya, sehingga sang lumba-lumba menyelam jauh ke dasar laut, sedangkan sang monyet dan semua kebohongannya ikut tenggelam ke bawah samudera di dasar laut lenyap sudah kecurangan sang pembohong ditelan laut.

Semua perbuatan curang dan kebohongan akan terungkap suatu nanti entah kapan dan akan mencelakakan si pelakunya, maka berbuat baiklah dan jangan pernah berbohong.

Sekian dan Terima Kasih.
Wasalam.

oleh : mamang
edit  : galih

Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...