Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, November 24, 2016

Bagaimana Phoenix Mendapat Bulu-bulu Halusnya - Dongeng Cina

Courtesy of imaGitopia
dongeng anak dunia - Di waktu yang sangat lama berlalu, hiduplah seorang pria muda yang telah belajar lama tentang bagaimana cara untuk berburu dan memasang perangkap. Dia telah jauh berjalan sampai ke hutan besar dan melihat kehidupan dari seekor burung phoenix.

Tersebutlah tentang semua burung yang hidup bersama-sama secara damai di sebuah hutan yang sangat besar. Mereka selalu senang dan riang gembira, hutan besar menyediakan banyak makanan untuk semua kebutuhan mereka. Ada bermacam-macam kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan berry untuk burung makan dan mereka hidup tidak mempunyai musuh. Karena makanan yang dapat ditemukan di mana-mana dalam jumlah yang melimpah ruah, burung-burung datang untuk makan dan menjadi lebih boros cara makan mereka. Satu akan memilih di pir di sini, yang lain akan mengambil menggigit keluar dari blueberry di sana, menggali beberapa biji dari jambu biji, dan membuang sisa buah. Mereka semua berbagi semangat riang yang sama, kecuali satu, sang burung phoenix.

Sang burung phoenix sangat mencemaskan tingkah laku mereka yang boros. Dia selalu mengatakan kepada burung-burung yang lain untuk berhati-hati dan mempersiapkan waktu makannya yang mungkin tidak begitu banyak untuk masa mendatang. Namun semua burung lainnya mengabaikannya, bahkan beberapa dari mereka memanggil dengan nama yang jahat-jahat. Akhirnya tak seekor burung pun yang ingin memiliki hubungan dengan sang burung phoenix, mereka berpikir ada sesuatu yang tidak benar tentang dia, selalu memarahi mereka dan memberikan saran kepada mereka yang dianggapnya sangat tidak berguna sekali unutuk Mereka. Dibawanya kebiasaan boros mereka yang biasa dilakukan tiap hari kepada anak cucunya.

Sedangkan sebagian besar burung memiliki bulu berwarna-warni, phoenix cukup biasa untuk terlihat indah dan beberapa mungkin mengatakan agak jelek. Bahkan, kepalanya sedikit terlalu besar dibandingkan dengan tubuhnya. Bulu-bulunya abu-abu kecoklatan kusam, dia khawatir tentang masa depan. Bagaimana jika sesuatu yang buruk terjadi besok hari?. Suatu hari buah akan berhenti tumbuh di pohon-pohon atau pohon-pohon mungkin drop daun-daunnya, atau hanya jatuh, bahkan! Dia bertekad untuk mempersiapkan yang terburuk dan mulai mengumpulkan semua buah-buahan dan berry dan biji burung lainnya dibuang secara percuma. Dia simpan saat mereka pergi dari tempat-tempat seperti pohon berlubang, menguburkan biji-bijian di tanah atau di bawah akar. Pada awalnya satu atau dua yang lain agak penasaran tapi kemudian mereka bosan. Mereka tertawa setiap kali mereka melihat sang phoenix menjadi pemulungan dan mengejeknya.

Suatu hari badai besar melanda hutan dan apa yang menjadi kekhawatirkan phoenix selama bertahun-tahun terjadilah. Daun dan seluruh cabang tertiup dari pohon-pohon dan dibawa jauh oleh angin yang kuat. Beberapa pohon tumbang dan dedaunan yang lebat telah hilang sekarang, panas matahari menembus hutan dan mengeringkan semuanya!. Mereka mematuk batu, batang pohon kering, berharap untuk mengambil beberapa getah bergizi. Phoenix mulai berbagi semua sisa-sisa makanan yang dia simpan dari seluruh hutan. Sekarang setiap burung tunggal, besar dan kecil ingin menjadi temannya. Berkat phoenix semua burung memiliki sesuatu untuk makan setiap hari. Akhirnya para dewa mengirim beberapa awan di atas tanah yang mendinginkan segalanya sedikit demi sedikit, dan beberapa hujan mulai turun. Kecambah hijau mulai muncul lagi seperti toko-toko makanan, phoenix mulai membangun kembali hutan. Perlahan-lahan hutan kembali dalam keadaan semula, dan burung-burung pulih kembali.

Tapi mereka tidak lupa teman baru mereka yang sangat dermawan, sang phoenix. Untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka, setiap burung diseluruh hutan besar yang memiliki bulu yang paling indah dan berwarna-warni dipersembahkan kepada sang phoenix. Ketika mereka selesai, sang phoenix telah berubah warna menjadi makhluk paling cantik berwarna-warni paling fantastis dan menjadi orang yang sangat berguna di hutan besar tersebut. Itulah sedikit cerita sang burung Phoenix yang melengendaris dari sang pria pemburu muda di atas. Nun jauh di sana di dalam hutan besar dan tidak pernah terjamah tangan-tangan jahil manusia dan mata yang melihatnya. Dan walaupun seseorang tersebut telah melihatnya tentang keindahan yang sangat brilian dari sang phoenix pasti orang-orang tersebut akan dibutakan matanya dengan keelokkan yang sangat fantastis dan sangat sempurna dari sang burung Phoenix. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...