Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, November 17, 2016

Manusia Berjenggot Emas - Dongeng Hongaria

Courtesy of Fiqh Menjawab
dongeng anak dunia - Seorang Raja yang umurnya sudah tua dan sekarat meminta sang Ratu untuk tidak akan pernah menikah lagi, melainkan mengabdikan sisa hidupnya untuk merawat sang anak mereka saja. Dia berjanji untuk melakukan apa yang diminta sang Raja suaminya, tetapi dia meminta sang suaminya segera mati karena dia ingin menikah lagi dan memiliki suami baru yang muda dan tampan yang akan menjadi Raja, bukannya bertekad mengurus anaknya. Namun, Ayah tirinya adalah orang yang jahat dan memperlakukan anak tirinya sangat kejam.

Banyak benteng, banyak susu bagaikan sungai mengalirkan air, yang dimilikinya sangat banyak untuk semua orang, tetapi Raja baru selalu melarang siapa pun untuk mengambil susu tersebut. Para penjaga melihat seorang pria berjenggut emas mengambil satu ember susu di pagi hari dan kemudian anehnya dia lenyap. Raja datang untuk melihat, dia bertanya-tanya apakah ada orang yang bisa menangkap pencuri itu, namun seluruh usahanya selalu gagal. Suatu hari, seorang tentara tua menyuruhnya pergi menyimpan roti dan daging yang telah ditaburi obat bius dan anggur untuk sang pria tersebut supaya dia memakan, meminum, dan dia tertidur, kemudian mereka bisa menangkapnya. Rencananya berhasil, dan Raja menempatkan manusia tersebut dalam kandang besi. Setelah satu bulan berlalu, Raja harus pergi berperang, dia mengatakan kepada anak tirinya untuk memberi makan orang itu tetapi tidak membebaskannya atau nasibnya akan mengerikan bila melanggar perintahnya.

Sang Pangeran muda tidak sengaja menembak panah dan jatuh ke dalam kandang besi, dan pria berjenggot emas menolak untuk memberikannya kembali kecuali dia dibebaskan. Setelah banyak memohon, sang pangeran yakin bahwa Pria berjenggut emas berjanji untuk membayar dia seribu kali lipat kebaikkan sang pangeran muda dan pangeranpun membebaskan pria tersebut. Setelah bebas, pria berjenggot emas pun lenyap hilang tidak berbekas. Pangeran kaget dengan tindakkannya dan memutuskan untuk melarikan diri dari pada berurusan dengan bahaya yang akan mengancam keselamatan dirinya.

Saat dia pergi, ia bertemu burung merpati kayu. Dia berada diambang dan dia akan menembaknya untuk makan karena kelaparan, namun sang burung memohon untuk tidak membunuhnya karena dia mempunyai dua anak yang harus diurusnya. Dan burung merpati mengatakan bahwa karena tindakannya, dia akan menemukan cara untuk membalasnya. Pangeran melanjutkan perjalanannya, akhirnya bertemu dengan bebek dan kemudian bangau. Kedua kali hal yang sama terjadi seperti yang telah dilakukan dengan burung merpati kayu yang sebelumnya.

Dalam melakukan perjalanan setelah meninggalkan istana, dia bertemu dengan tentara dan mereka bersama-sama berjalan untuk mencari pekerjaan. Seorang Raja menyewa tentara bayaran sebagai kusir dan pangeran sebagai rekannya. Para prajurit merasa cemburu kepada pangeran yang telah mengklaim bahwa jika dia disuruh Raja dan dia sanggup menjaganya, akulah steward. Dia bisa memastikan bahwa tidak ada satu butir gandum pun yang akan hilang dari gudang Raja, akhirnya Raja menyuruh sang pangeran untuk memisahkan gandum dan barley. Itu bukan menunjukkan diri atau menyombongkan diri yang tidak layak. Raja menyuruh pelayan mengambil dua karung besar yang telah dicampur dan memerintahkan sang pangeran untuk memisahkan. Merpati kayu yang merupakan Raja dari merpati kayu, datang menolongnya sebagai rekan sang merpati mengurutkan dua campuran tersebut dan Raja menunjuk dialah steward.

Hal ini membuat para prajurit lebih cemburu lagi, mereka kemudian mengatakan kepada raja bahwa pangeran telah mengklaim bahwa ia bertanggung jawab atas harta kerajaan, dia akan memastikan bahwa tidak ada yang hilang, jika Raja membuang sebuah cincin dari jari sang putri dan melemparkan di sungai yang dalam dan deras, dia akan mengambilnya dan bukan menunjukkan kesombongan dirinya yang tidak layak. Raja melakukan tantangan tersebut, dan bebek yang merupakan Raja dari bebek, sang pangeran telah berteman dengan bebek, lalu dia menemukannya. Raja mengangkat dia menjadi pengawas seluruh hartanya.

Para tentara sekarang mengklaim bahwa pangeran telah mengatakan ia tahu dari seorang anak yang bisa berbicara setiap bahasa dan bermain setiap alat musik. Raja pikir ini adalah sihir, dan ia mencoba untuk belajar, lalu memerintahkan sang pangeran untuk membawakan anak tersebut, sebagai tugas ketiga, dia akan diseret sampai mati bila tidak menepatinya. Bangau membawa anak pangkuannya dan menyerahkan kepadanya. Raja sangat senang hatinya lalu Raja menikahkannya dengan putrinya, dan bertanya bagaimana dia melakukannya. Pangeran mengatakan kepadanya karena hamba selalu berbuat baik maka hamba akan ada yang membantu semuanya, dan Raja telah mendapatkan tentara yang jahat serta menghukumnya dengan cambuk. Sekian

Terima Kasih.

Wasalam.

oleh : mamang
edit  : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...