Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Tuesday, October 18, 2016

Sang Bluebeard - Dongeng Perancis

Courtesy of Le sommelier fou
Tersebutlah seorang aristokrat atau seorang bangsawan yang sangat kaya raya, dia telah menikah beberapa kali dengan wanita-wanita cantik pilihan hatinya yang pernah menjadi istrinya dan memilikinya. Namun dari semua istri-istrinya selalu menghilang secara misterius tidak tentu arah rimbanya hilang tak berbekas. Dialah seorang bangsawan yang hartanya sangat melimpah bernama Tuan Bluebeard. Suatu saat setelah untuk ke sekian kalinya, dia berusaha mencari lagi wanita untuk calon istrinya.

Ketika suatu hari tuan Bluebeard mengunjungi tetangganya dan meminta untuk menikah dengan salah satu dari anak-anaknya, gadis-gadis banyak yang ketakutan kepada sang bangsawan ini. Setelah selesai perjamuan makan yang mewah nan indah, dia membujuk putri bungsu untuk menikah dengannya, walaupun dia enggan melakukannya, namun secara terpaksa dia menikah juga, tetapi dia mengajukkan permintaan untuk tinggal bersama kakaknya yang bernama Anne di rumah mewahnya sang bangsawan dengan harta bendanya yang begitu banyak. Tentu saja tuan Bluebeard sangat setuju sekali, dan akhirnya mereka pun menikah dan resmi menjadi pasangan suami istri.

Sang bangsawan Tuan Bluebeard memberitahukan bahwa dirinya akan berangkat pergi meninggalkan negara ini lalu dia memberikan semua kunci-kunci rumah mewah zaman dahulu yang beraksitektur sangat tinggi atau sangat indah sekali, kepada sang istri yang baru, yang sangat dia cintai. Sepeninggalnya sang suami pergi, dia dan kakaknya Anne membuka pintu apapun di rumah mewah milik sang suaminya. Masing-masing ruang berisi kekayaannya yang sangat melimpah ruah, kecuali untuk sebuah ruangan yang sang suami melarangnya untuk dimasuki.

Dia kemudian pergi dan meninggalkan rumah dengan kunci-kunci di tangannya. Segera, dia melihat apa yang menjadi keinginan dan rasa penasarannya untuk melihat ada apa sebenarnya yang terdapat di ruangan terlarang tersebut. Dengan kunci yang dipegangnya dia nekad memasuki ruangan tersebut, dan meski sudah ada peringatan dari salah satu saudara perempuannya, dia berusaha masuk terus sampai dalam ruangan.

Dia segera menemukan ruangan penuh dengan darah dan mayat istri-istrinya yang hilang terdahulu. Dengan rasa ngeri, dia menjatuhkan kunci-kunci dan melarikan diri dari ruangan tersebut. Dia mengungkapkan rahasia suaminya kepada sang kakaknya Anne, dan mereka berdua berencana untuk segera melarikan diri pada keesokan harinya. Tetapi Tuan Bluebeard tiba-tiba sudah datang kembali dan menemukan kunci-kunci yang tergeletak di kamar berdarah. Dalam kemarahan membabi-buta, dia mengancam untuk membunuh istrinya di tempat tersebut, tetapi dia meminta untuk "satu doa terakhir dalam hidupnya," sang istri dan kakaknya Anne memohon.

Pada saat-saat terakhir, Tuan Bluebeard mau memberikan pukulan yang sangat fatal untuk membunuhnya, saudara-saudara dari istri dan kakaknya Anne serta adik-adiknya Anne tiba dan mereka secara beramai-ramai membunuh Tuan Bluebeard. Sang istri mewarisi semua kekayaannya dan istananya, dan sang istri segera menguburkan sang suami yang hobby membunuh istri-istrinya. Dia menggunakan seluruh kekayaannya untuk membiayai seluruh saudara-saudaranya yang lain, dan akhirnya dia sendiri menikah lagi, dirinya atau sang istri yang selamat dari bahaya pembunuhan sang suami, kini hidup bahagia dan melupakan pengalaman mengerikan ketika dia menjadi istri sang aristokrat atau bangsawan Bluebeard.

Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Statistik

 
loading...