Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, April 9, 2015

Mengapa Kelelawar Terbang Pada Malam Hari - Dongeng Nigeria

Gambar dari: darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id
Dongeng Anak Dunia - Ada seekor tikus dan kelelawar yang menjadi sahabat. Oyot ialah nama si tikus dan Emiong nama kelelawar itu. Mereka selalu melakukan hal bersama-sama, seperti makan dan lain-lain. Tetapi tanpa sadar Emiong sudah sangat iri kepada sahabatnya itu si tikus.

Makanan-makanan yang dimasak oleh Emiong itu sangat menggoda perut yang lapar, Oyot pun sangat penasaran dan kemudian bertanya. "Kenapa masakan sup mu itu lezat sekali?"

"Oh, ya itu disebabkan karena aku tidak lupa untuk merebus diriku sendiri didalam air. Kamu tahulah betapa manisnya dagingku, sampai-sampai sup yang aku buat juga terasa enak dan lezat sekali rasanya." kelelawar menjawabnya.

Kemudian Emiong memberitahukan bagaimana caranya membuat sup yang enak dan lezat kepada Oyot. Di ambilnya sebuah panci yang sudah terisi air hangat, tapi Emiong berkata kalau air itu baru saja mendidih.

"Coba kau lihat," kata Emiong, sambil memasukan dirinya ke  dalam panci, kemudian dengan cepat ia keluar lagi.

Memang sup yang dimasaknya sangat lezat, sebab sebelumnya ia mencampurkan bumbu-bumbu kedalam sup yang ia masak.

Sesampainya dirumah, Oyot pun memanggil isterinya dan menyuruh untuk memasak air mendidih.

"Ibu, Kamu tahukan sup yang dimasak oleh Emiong itu sangat lezat?" katanya.

Kemudian isterinya mengganggukkan kepalanya.

"Aha, sekarang aku tahu apa rahasianya. Saat dirumahnya Emiong memberitahu ku bagaimana membuat sup yang enak dan lezat." Oyot berbicara lagi kepada isterinya.

Saat isterinya tidak melihat, Oyot dengan semangat lompat ke dalam panci dengan air yang mendidih dan seketika Oyot pun tewas. Melihat suaminya sudah tidak bernyawa, isterinya Oyot sangat sedih sekali dan marah. Lalu dilaporkannya kepada raja terhadap kejadian yang menimpa suaminya.

Raja langsung berikan perintah agar dapat menangkap kelelawar untuk dipenjarakan. Setelah perintah yang diberikan raja, semuanya langsung usaha untuk mencari dan ingin menangkap Emiong. Dengan cepat kelelawar langsung sembunyi. Pada saat hari sudah gelap, ia baru dapat keluar dari tempat persembunyiannya untuk mencari makanan sebab tak ada satu pun yang melihatnya. Karena itulah kelelawar jarang sekali kita dapat melihatnya pada siang hari.

Sumber: Cerita Rakyat Nigeria


Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...