Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Monday, January 18, 2016

Asal Muasal Pohon Kelapa - Dongeng India

Courtesy of kidsgen.com
dongeng anak dunia - Adalah seorang manusia suci yang selalu berbuat baik untuk kepentingan semua makhluk di dunia ini. Seluruh hidupnya didedikasikan untuk kebaikan hidup semata, apalagi beliau adalah seorang Raja. Sang Raja Trishanku namanya, dan dia berkeinginan masuk ke dalam surga utuh berserta seluruh badannya.

Setiap insan manusia yang terlahir dalam kehidupan alam dunia ini, pasti akan mengalami yang namanya kematian. Dan pastinya badan ini akan masuk dikubur dalam tanah serta kemudian akan membusuk kembali menjadi tanah. Namun untuk sang Raja Trishanku, dia berkeinginan masuk surga berserta seluruh badannya.

Dan untuk keinginan yang kuatnya ini sang Raja meminta bantuan seorang Resi suci beliau yaitu yang bernama Resi Vishwamitra. Sang Resi Vishwamitra adalah seorang guru besar yang agung dan bijaksana dalam segala tindakkan dan ajarannya. Akhirnya sang Resipun bertapa dan berdoa yang cukup lama sebelum bersedia membantu sang Raja Trishanku. Dan Jawaban dari doanya tersebut beliau bersedia membantu apa yang menjadi keinginan dan titah sang Raja.

Begitulah keinginan sang Raja yang kuat sampai pada suatu kesempatan dia melakukan ritual tapa. Dalam ritual tapanya sang Raja selama 40 Hari 40 malam berhasil dijalani. Dan sang Rajapun memberikan persembahan kurban-kurban kepada para Dewa-Dewa suci untuk melancarkan terkabulnya permohonan tersebut.

Tetap pada hari yang telah ditetapkan, hari keempat puluh itulah sang Raja terangkat tubuh dan rohnya melayang ke langit meninggalkan bumi menuju surga yang telah dijanjikan.

Namun para Dewa melihat apa yang terjadi, ketika sang Raja Trishanku berada tepat di depan gerbang pintu surga. Dialah sang Dewa Indra. Dengan kemarahannya sang Dewa Indra membentak. "Ini tidak benar, kamu bertindak salah, tidak seorangpun boleh masuk surga tanpa melepaskan dulu rohnya!"

Lalu Sang Dewa Indrapun mencengkram badan sang Raja Trishanku dan membuang kembali kebumi. Terlemparlah badan sang Raja dari pintu gerbang surga, tetapi kejadian itu tidak luput dari perhatian sang Resi Vishwamitra. Sang Resipun berteriak dengan kerasnya, "Paduka Rajaku berhentilah disitu jangan sampai kebumi ini!"

Sang Raja Trishanku tidak sempat sampai kebumi tubuhnya terus melayang di antara bumi dan langit. Sang resi Vishwamitra terus menahan dari bumi dan Sang Dewa Indra Tetap menahan dari langit.

Sang Resi tahu bila tidak ditahan maka tubuhnya akan jatuh kebumi ini, diambilnya sebuah galah yang panjang dan disanggalah badan sang Raja. Sudah menjadi legenda bagi orang India itulah asal mulanya pohon kelapa.

Karena terjadi telah lama sekali, berabab-abab lamanya maka galahpun berubah bentuk menjadi pohon kelapa. Dan kepala itulah yang  menjadi buah kelapanya serta janggut sang Raja Trishanku menjadi serabutnya. Itulah buah kelapa yang sekarang kita komsumsi.

Salam,
oleh: mamang
edit: n3m0
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...