Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Wednesday, January 20, 2016

Sang Shiro Penemu Harta Karun - Dongeng Jepang

Courtesy of Courtesy of dongengceritarakyat.com
dongeng anak dunia - Tersebutlah pada Zaman dahulu kala disebuah desa, hidup seorang bapak yang umurnya sudah tua namun hatinya sangat baik sekali. Dan disebelah rumahnya atau tetangganya hidup pula seorang bapak tua, tetapi bapak ini sangat jahat sekali.

Bapak tua yang sangat baik hatinya itu mempunyai anjing peliharaan yang dia beri nama Shiro, sang anjing Shiro sangat disayangi bapak tua budiman ini. Tetapi, tetangga sebelah yang sangat jahat itu selalu memperlakukan Shiro dengan jahatnya. Kalau Shiro bertemu dengannya, dia akan melemparnya dengan batu.

Suatu ketika sang Shiro menggongong dibelakang rumah sang bapak tua yang baik hati itu, persis dihalaman belakang dari rumah tersebut. Sambil menggongong Shiropun terus menggali lubang ditanah halaman rumah belakang. Sang majikkan Shiro pemilik anjing itupun datang menghampirinya.

"Mengapa kamu menggongong terus, Shiro?" Bertanya bapak tua itu kepada anjingnya."Mungkin kamu memerlukan bantuan?" Baiklah akan aku bantu kamu."

Bapak tua itu pergi mengambil cangkul dan sekop untuk menbantu Shiro menggali tanah. Terggalilah tanah tersebut sedikit demi sedikit. Akhirnya sebuah peti ditemukan didalam lubang tempatnya menggali itu. Ketika peti itu dibuka ternyata didalamnya terdapat permata-permata serta emas yang begitu banyak. Sang bapak tua inipun sangat berterima kasih sekali kepada Shiro yang telah menemukan harta karun tersebut.

Semua kejadian dan peristiwa tadi ternyata ada yang melihatnya, dialah yang tidak lain dari sang tetangga yang hatinya selalu sirik terhadap orang lain yang berhasil atau sukses. Diapun sangat ingin mendapatkan harta karun seperti tetangganya tersebut.

Esok harinya sang bapak yang jahat itupun datang kerumah bapak tua yang baik hatinya.

"kedatanganku kesini hanya ingin meminjam anjingmu selama sehari!" berkata sang bapak tua jahat itu kepada bapak tua yang baik hati itu.

"Baiklah kamu boleh meminjam anjingku, selama anjingku shiro bisa membantumu," katanya. Sang bapak yang baik hati inipun memberikan ijin kepada bapak tua jahat tetangganya.

Dibawalah sang anjing Shiro kehalaman belakang rumahnya. "Baiklah Shiro, kamu sekarang boleh mencari harta karun untukku."

bapak tua yang jahat itu memberikan perintah. "Ingat bila kamu tidak bisa mencari harta karun untukku, pasti kamu akan aku hukum," Sang bapak tua yang jahat itu mengancam Shiro.

Shiro adalah anjing peliharaan yang sangat pandai dan sangat mengerti ucapan yang dikatakan sang majikkan maka setelah mendapat ancaman begitu diapun menggalinya disuatu tempat.

Setelah ketahuan Shiro menggali maka sang bapak tua yang jahat itupun mengambil Shiro dan mengikatnya, dengan semangat sekali sang bapak tua ini meneruskan galian tadi.

Namun apa yang didapat sang bapak tua jahat itu, hanyalah tumpukkan sampah yang berbau busuk menusuk hidung.
Itulah ganjaran yang didapat dari orang yang jahat yang selalu menyiksa binatang yang tidak berdosa sama sekali.
Maka jadilah orang yang berbudi luhur selalu baik terhadap siapapun termasuk terhadap binatang peliharaan.

Wasalam
oleh : mamang
edit : galih
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...