Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Tuesday, March 8, 2016

Sang Keledai, Sang Ayam Jago, Sang Singa - Dongeng Yunani

Courtesy of google images
dongeng anak dunia - Kukuruyuuuk! kukuruyuuuk! begitulah bunyi sang jago pagi itu membangunkan seluruh isi kampung dipeternakan bapak tani. Satu kali lompatan saja sang ayam jago sudah bertengger dipalang kayu dalam lumbung.

Tatkala seekor keledai masuk kedalam lumbung mencari jatah makan yang biasa sudah disiapkan sang bapak tani, jerami yang enak makanan kesukaan sang keledai.

"Aku harus makan dulu biar ada tenaga yang cukup, sebab sebentar lagi pekerjaan sudah menantinya!" serunya dalam hati sang keledai lalu asyik dengan kegiatan makannya tanpa menghiraukan kekiri dan kekanannya. Namun pagi buta itu bukan saja sang ayam jago, sang keledaipun telah bangun.

Jauh dari dalam hutan juga seekor singa telah bangun dan menjadi tamu besar yang tidak diundang telah berada di lumbung bapak tani. Dialah sang raja hutan yang datang mengendap-ngedap dari belakang lumbung dan melihat makanan empuk telah tersaji didepan matanya.

Sang keledai masih asyik saja dengan acara makannya tidak tahu bahaya yang mengancam telah siap mencabik-cabik dagingnya dari belakang badannya.

Sang raja telah siap mengambil sikap dengan ancang-ancang sekali lompat mangsanya akan dapat diterkam dan dilumpuhkan. Namun secara tiba-tiba sang ayam jago yang sedari tadi memperhatikan gerakkan sang raja hutan berkokok dengan sangat kerasnya.

Kukuruyuuuuk! kukuruyuuuuk ! teriaknya sangat mengagetkan sang raja hutan.

Sang raja hutan balik badan terus melompat pergi dari tempat itu, rasa kaget yang bukan kepalang membuatnya membatalkan niatnya untuk makan pagi. Sang raja hutan singa kembali berlari kearah tadi dia datang.

Sang keledai sangat kaget melihat singa yang berlari ketakutan oleh suara kokok ayam sampai melompat dan berlari-lari karena takutnya.

"Heehee!hee-hee!" keledai meringkik tertawa terbahak-bahak, "singa, baru dengan suara ayam jago saja sudah takut setengah mati."

Maka timbullah semangat dan keberanian sang keledai, "ayam jago saja berani mengapa aku takut" pikirnya, dia berlari mengejar sang singa sambil berteriak memanggil-manggil.

"Hai tunggu singa, singa penakut! akan aku hajar kamu biar kapok dan tidak berani lagi datang kemari!" teriak sang keledai.

Sang keledai berlari sangat cepat karena didorong semangat yang mengebu-gebu terang saja sang raja hutan dengan sekejap telah berada dekat dibelakangnya.

Sang raja hutan singa pun membalikkan badannya dan langsung menerkam sang keledai yang tidak tahu diri, mengantar nyawanya menjadi santapan makan pagi yang sangat lezat.

Ukurlah segala kemampuan dan kekuatan yang kita miliki jangan sampai menjadi petaka. Percaya diri boleh-boleh saja tapi jangan dipaksakan. Sekian.

Wasalam.
oleh : mamang
edit  : galih
Advertising - Baca Juga :
Orang Tua, Siapkah Saya?
Korea Utara Kembali Ancam Lakukan Serangan Nuklir Ke AS
Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...