Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, September 19, 2019

Androcles dan Singa - Dongeng Yunani

courtesy of storiestogrowby.org
Dongeng Anak DuniaB - Cerita ini terjadi di Roma, di mana seorang budak Yunani bernama Androcles melarikan diri dari tuannya ke arah hutan. Di sana dia mengembara cukup lama sampai dia lelah dan hampir mati karena kelaparan dan rasa putus asa. Saat itu dia mendengar seekor singa di dekatnya mengerang dan kadang-kadang mengaum dengan sangat keras. Androcles bangkit dan bergegas pergi, tetapi ketika dia berjalan melalui semak-semak, dia tersandung akar pohon dan jatuh yang mengakibatkan kakinya lumpuh. Ketika dia mencoba untuk bangkit, dia melihat seekor singa datang ke arahnya sambil tertatih-tatih dengan tiga kaki karena kaki satunya lagi terangkat agak kedepan seperti sedang kesakitan.

Androcles yang malang dan sudah putus asa itu tidak memiliki kekuatan untuk bangkit dan melarikan diri dari seekor singa yang menghampirinya. Tetapi ketika binatang buas itu menghampirinya yang Androcles kira akan menyerangnya, singa tersebut hanya mengerang dan mengerang sambil menatap Androcles dan singa mengulurkan kaki kanannya yang berlumuran darah dan banyak bengkak. Androcles mencoba untuk melihat lebih dekat dan dia melihat ada duri besar yang menusuk ke kaki si singa yang merupakan penyebab singa mengerang kesakitan. androcles memberanikan diri untuk mencabut duri itu, ia menangkap duri itu dan menariknya keluar dari kaki singa, si singa mengerang dengan keras saat duri itu dicabut keluar tetapi setelah si singa menyadari kalau kaki nya sudah membaik, ia menjilat Androcles dan sebagai tanda ucapan terima kasihnya. Androcles mengira singa itu akan memakannya, tetapi singa itu malah membawa rusa muda yang telah dia bunuh dan Androcles membuat makanan dari rusa muda yang diberikan oleh singa.

Tiba-tiba di suatu hari ada sejumlah tentara datang berbaris melewati hutan dan menemukan Androcles. Karena dia tidak dapat menjelaskan apa yang dia lakukan, mereka menangkapnya dan membawanya kembali ke kota tempat dia melarikan diri. Di sini tuannya segera menemukannya dan membawanya ke hadapan penguasa. Kemudian Androcles dihukum mati karena melarikan diri dari tuannya. Di tempatnya Androcles sudah menjadi kebiasaan melempar pembunuh dan penjahat lain ke kandang singa dalam sirkus besar, sehingga banyak orang-orang yang dapat menikmati tontonan pertempuran antara mereka dan binatang buas.

Jadi Androcles dihukum untuk dilemparkan ke dalam kandang singa dan pada hari yang ditentukan dia dibawa ke Arena dan dibiarkan di sana sendirian dengan hanya tombak untuk melindunginya dari singa. Sang Kaisar yang berada di dalam kerajaan hari itu memberi sinyal kepada pengawalnya agar singa keluar dan menyerang Androcles. Tetapi ketika ia keluar dari sangkar dan mendekati Androcles, menurut kamu apa yang terjadi?

Orang-orang yang menontonnya akan mengira si singa melompat atau menerjang Androcles, tetapi si singa malah memeluk Androcles dan membelainya dengan kaki-kakinya dan tidak berusaha melukainya.

Mengapa bisa begitu?, karena singa tersebut adalah singa yang ditemui Androcles di hutan.

Sang Kaisar pun terkejut melihat perilaku aneh pada singa yang begitu kejam itu, sang Kaisar memanggil Androcles dan bertanya kepadanya "bagaimana hal itu bisa terjadi dan kenapa singa itu seperti kehilangan watak buasnya saat bertemu denganmu?".

Maka Androcles memberi tahu kepada Kaisar tentang semua yang terjadi padanya dan bagaimana si singa itu menunjukkan rasa terima kasihnya karena telah membebaskannya dari duri. Setelah itu sang Kaisar memaafkan Androcles dan memerintahkan tuan dari Androcles untuk membebaskannya, sementara si singa dibawa kembali ke hutan dan dilepaskan untuk menikmati kebebasan hidupnya lagi.

Source: click disini
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...