Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Thursday, January 14, 2016

Persahabatan Androcles Dan Singa - Dongeng Yunani

Courtesy of swainstonela8.weebly.com
dongeng anak dunia - Dongeng ini dimulai dari masa jayanya kerajaan Romawi kuno. Kala itu perbudakkan masih berlaku di kerajaan itu, tersebutlah seorang budak yang bernama Androcles. Suatu malam yang sepi dengan udara yang sangat dingin mencekam, dia berhasil lolos kabur dari rumah sang tuan rumah dan kabur menuju hutan belantara yang sangat lebat. Dia terus masuk kedalam hutan itu dengan tidak ada tujuan. Hanya ingin lepas dari cengkraman perbudakkan saat itu, dia ingin bebas menjadi manusia biasa.

Pelarian yang sangat melelahkan, berhari-hari dia berjalan tanpa arah dan tujuan. Laparpun memhampirinya, sang perut tidak bisa diajak kompromi lagi, badannya sangat lemas sudah tidak kuat lagi untuk berjalan apalagi untuk berlari.

Dicarinya sebuah pohon besar yang rindang untuk istirahat dan duduklah dia beristirahat.

Namun dikala dia sedang duduk istirahat sambil menahan perutnya yang lapar, "Aurgghhh.." suara seekor singa dekat sekali dengan tempat dia istirahat.

Androcles terkejut dan langsung kabur meninggalkan tempat tersebut, dengan sekuat tenaga tanpa melihat jalan yang dilaluinya sampai akhirnya dia tersandung sebuah akar pohon yang menyembul keluar. Diapun tersungkur jatuh tidak jauh dari akar itu. Dan yang terjadi kemudian adalah ketika dia bangun, sang singa telah berada didekatnya.

Karena sangat ketakutan Androcles pasrah saja sambil memejamkan kedua matanya menunggu sang singa menerkam dan memakannya.

Tetapi setelah ditunggu beberapa detik kemudian tidak ada gerakan dari sang singa, diapun memberanikan diri membuka matanya. Sang singa hanya diam saja tidak bergerak dari tempat asalnya, malah kaki depannya dijulurkan kedepan. Ternyata sang kaki singa itu terluka, ada duri yang cukup besar menancap di sela jari kakinya.

Sudah cukup lama juga sang singa tidak melakukan gerakkan yang lain selain kakinya yany diangkat-angkat saja. Androcles pun akhirnya memberanikan diri untuk mencabut duri dan merawat kaki sang singa tersebut.

Karena lelah yang amat sangat dan juga dia takut kalau bergerak dari hadapan sang singa itu akhirnya Androcles tertidur pulas.

Dan pagi harinya ketika dia terbagun, Androcles sangat kaget sekali, dia mendapatkan bangkai rusa yang masih segar ada didepan tempat dia tertidur semalaman.

Singa itu telah membawa bangkai rusa buruan - yang masih bisa lari - ketika para prajurit Romawi berburu di hutan.

Itulah ucapaan terima kasih yang disampaikan sang singa untuk Androcles yang telah menolong mengobati kakinya. Sang singa telah memberikan makanan untuk sang penolongnya. Dan semenjak kejadian itu sang singa dan Androcles tinggal bersama di dalam hutan tersebut.

Namun sejauh mana Androcles melarikan diri akhirnya tertangkap juga oleh para prajurit Romawi. Ceritanya berawal ketika para prajurit Romawi berburu ke hutan tersebut dan sang tuan dari Androcles pun sangat marah.

Sang Androcles pun dihukum oleh tuannya dan dijadikan lawan aduan dengan singa. Arena adu singa saat itu sangat populer dikalangan bangsawan Romawi.

Dilemparkanlah Androcles kedalam arena adu singa. Tidak lama kemudian seekor singa yang sangat besar keluar dari kandang yang ada disamping arena tersebut.
Androcles sangat mengenali sang singa itu sebagai sahabatnya ketika dihutan.

Androcles pun datang memhampiri sang singa dan mengelus-elus kepala sang singa itu. Singa itu begitu penurut dan sangat akrab sekali dengan Androcles.

Semua orang yang menonton arena adu singa sangat heran. Sang tuan pemilik Androcles memanggilnya dan bertanya tentang kejadian itu.

Androcles pun bercerita pengalamannya dihutan bersama singa tersebut. Dan dengan cerita tersebut diatas sang tuan pemilik Androcles pun sangat kagum, serta berbaik hati untuk membebaskan sang pawang singa. Akhirnya Androcles pulang ke negerinya di Yunani bersama sang sahabatnya seekor singa jantan yang sangat besar.

Salam,
oleh: mamang
edit: n3m0


Share:

Blog Archive

Powered by Articlemostwanted

Followers

Statistik

 
loading...