Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Friday, February 24, 2023

Gadis Korek Api Kecil - Dongeng Belanda

courtesy of storyberries.com

Dongeng Anak Dunia - Dalam dingin dan kegelapan, di sepanjang jalan ada seorang gadis kecil yang malang. Ketika dia meninggalkan rumah dia hanya memakai sandal, tetapi sandal itu terlalu besar untuk kakinya, sandal yang dulu pernah digunakan ibunya, dan gadis kecil yang malang itu kehilangan sandalnya saat berlari menyeberang jalan ketika dua kereta lewat dengan sangat cepat. Ketika dia mencari sandalnya, yang satu tidak ditemukan, dan seorang anak laki-laki mengambil sandal satunya lagi dan dibawa lari.

Maka gadis kecil itu pergi dengan kaki telanjangnya, sambil menahan dingin. Di celemek tua yang dia kenakan ada buntalan korek api, dan dia juga membawa buntelan di tangannya. Tidak ada yang membeli sebanyak itu sepanjang hari, dan tidak ada yang memberinya bahkan satu sen pun.

Gadis kecil yang malang! Menggigil karena kedinginan dan kelaparan, dia merasa sengsaran.

Kepingan salju jatuh di rambutnya yang panjang dan berwarna kuning muda, yang tergerai ikal cantik di sekitar tenggorokannya, tapi dia tidak memikirkan kecantikannya atau kedinginannya. Cahaya berkilauan di setiap jendela dan tercium bau gurih angsa panggang, karena ini adalah Malam Tahun Baru. Dan inilah yang dia pikirkan.

Di sudut pandang matanya ada dua rumah, salah satunya menonjol ke depan, dia duduk meringkuk. Dia telah menggambar di bawah kaki kecilnya, dia tidak berani pulang, karena dia tidak menjual korek api satupun dan tidak dapat membawa uang sepeser pun. Ayahnya pasti akan memukulinya dan di rumah cukup dingin, karena mereka hanya memiliki atap rumah di atas mereka, dan meskipun lubang terbesar telah ditutup dengan jerami dan kain, masih banyak yang tersisa di mana angin dingin dapat bersiul.

Dan sekarang tangan kecilnya hampir membeku karena kedinginan. Sayang! sebatang korek api mungkin bermanfaat baginya jika dia hanya menariknya dari bungkusan itu, menggosokkannya ke dinding, dan menghangatkan jari-jarinya. Jadi akhirnya dia mengeluarkan satu batang korek api. Batang korek tersebut menyalakan api yang hangat dan terang seperti lilin kecil, saat dia meletakkan tangannya di atasnya. Gadis kecil itu benar-benar tampak seolah-olah dia duduk di depan kompor besi besar dengan kaki kuningan yang dipoles. Saking berkahnya, gadis kecil itu merentangkan kakinya untuk menghangatkannya juga. Betapa nyamannya dia! Tapi lihat! api perlahan padam, tungku menghilang, dan tidak ada yang tersisa kecuali korek api kecil di tangannya.

Dia menggosok korek api lagi ke dinding. Korek itu menyala terang, di mana cahaya jatuh ke dinding, itu menjadi transparan seperti kerudung, sehingga dia bisa melihat ke dalam ruangan. Kain seputih salju dibentangkan di atas meja, di atasnya terdapat sajian makan malam porselen yang indah, lalu angsa panggang yang diisi dengan buah apel dan plum, dikukus dan mengeluarkan bau yang paling sedap. Dan yang lebih menyenangkan lagi, angsa itu melompat dari piring, dengan pisau dan garpu masih di dadanya, dan terhuyung-huyung di lantai langsung ke gadis kecil itu.

Tapi korek api padam saat itu, dan tidak ada yang tersisa padanya kecuali dinding yang tebal dan lembap.

Dia menyalakan korek api lagi. Dan sekarang dia berada di bawah pohon Natal yang paling indah, lebih besar dan jauh lebih cantik daripada yang dia lihat melalui pintu kaca di rumah saudagar kaya itu. Ratusan lilin menyala di dahan-dahan hijau, seperti yang dia lihat di etalase toko. Anak itu mengulurkan tangannya kepada mereka.

"Sekarang seseorang sedang sekarat," gumam anak itu dengan lembut, karena neneknya satu-satunya orang yang mencintainya dan yang sekarang sudah meninggal, telah memberitahunya bahwa setiap kali bintang jatuh, jiwanya akan naik ke Tuhan.

Dia mengambil korek api lagi ke dinding, dan dalam kecemerlangan muncul di hadapannya nenek tua tersayang, cerah dan bercahaya, namun manis dan lembut, dan bahagia seperti yang belum pernah dia lihat di bumi.

"Oh, nenek," seru anak itu, "bawa aku bersamamu. Aku tahu kau akan pergi. Kamu juga akan lenyap, seperti korek api ini, pesta Tahun Baru yang indah, pohon Natal yang indah." Dan agar neneknya tidak menghilang, dia menggosokkan seluruh bungkusan korek api ke dinding.

Dan korek api menyala dengan cahaya yang sangat cemerlang sehingga menjadi lebih terang dari siang hari. Neneknya tidak pernah terlihat begitu agung dan cantik. Dia menggendong gadis kecil itu, dan keduanya terbang bersama, dengan gembira dan mulia, naik semakin tinggi, jauh di atas bumi dan bagi mereka tidak ada rasa kelaparan, tidak kedinginan, tidak ada kekhawatiran karena mereka telah bersama Tuhan.

Tetapi di sudut, di pagi hari, duduk gadis malang itu, bersandar di dinding, dengan pipi merah dan mulut tersenyum, dia meninggal kedinginan pada malam terakhir tahun baru. Kaku dan dingin dia duduk, dengan korek api yang telah dia terbakar.

"Dia ingin menghangatkan dirinya, anak kecil yang malang," kata orang-orang. Tidak ada yang membayangkan betapa manisnya penglihatan yang dia miliki dan betapa mulianya dia pergi bersama neneknya.

 Selesai.

Source : click disini

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Statistik

 
loading...