Dongeng dan Cerita Pendek Anak Dari Seluruh Dunia Seperti Indonesia, Rusia, Amerika, Cina, Inggris, dan lain-lain

Monday, August 26, 2019

Semua Untuk Satu Koin Paisa - Dongeng India

Courtesy of storiestogrowby.org
Dongeng Anak Dunia - Di suatu tempat yang letaknya tepat di lembah, tinggal seorang pedagang yang sangat kaya yang sama sekali tidak senang dengan putra satu-satunya. Anak itu tidak menunjukkan tanda-tanda kecerdasan atau kreativitas, apalagi kesediaannya untuk bekerja. Namun, ibunya selalu memikirkan yang terbaik dari anaknya dan terus-menerus membuat alasan untuk anaknya.

Ketika anak itu sudah berusia untuk menikah, sang ibu memohon kepada suaminya mencarikan istri untuk anak mereka. Sang suami terlalu malu pada putranya yang malas dan dalam pikirannya sendiri telah sepenuhnya memutuskan untuk tidak pernah menikah. Tetapi sang ibu sangat berharap ingin melihat anak satu-satunya itu menikah dan memiliki seorang cucu karena hal itu yang telah dinanti-nantikannya selama bertahun-tahun. Sang Ibu tidak ingin melihat anak satu-satunya menjadi bujangan lapuk.

Sang ibu selalu berusaha membujuk suaminya mencarikan istri untuk anaknya. Sang suami sudah mulai lelah dan habis kesabarannya karena sang istri selalu memuji-muji dan selalu mendesak mencarikan istri untuk anaknya.

"Dengar," saudagar atau sang suami itu berkata kepada istrinya saat dia memuji putranya, "Aku sudah mendengar hal ini berkali-kali sebelumnya, tetapi kamu belum pernah membuktikannya. Aku tidak percaya dengan apa yang kamu katakan. Tapi kali ini, agar kamu puas dan membuktikan perkataanmu, aku akan memberikan si bodoh itu kesempatan sekali lagi. Berikan satu koin paisa ini kepadanya dan katakan padanya untuk pergi ke pasar, dengan satu koin paisa ini harus dapat membeli satu item. Satu item itu sesuatu yang bisa untuk dimakan, sesuatu untuk diminum, sesuatu untuk dikunyah, sesuatu untuk ditanam di kebun, dan beberapa makanan untuk sapi. "

Sang ibu memberikan instruksi kepada anaknya sambil memberinya satu koin paisa, lalu anak itu pergi ke pasar.

Ketika dia telah sampai di sungai, dia menjadi khawatir dan bertanya-tanya, "Apa yang bisa dibeli hanya dengan satu koin pàisa yang bisa untuk dimakan, diminum dan melakukan semua hal lain yang diminta ibuku? Tentunya ini adalah tugas yang mustahil!"

Pada saat sang anak bertanya-tanya sendiri, sang putri seorang pandai besi datang dan menghampiri anak itu. Melihat ekspresi anak itu yang tidak bahagia, dia bertanya kepadanya apa yang terjadi. Dia mengatakan semua yang diperintahkan ibunya kepadanya.

"Aku tahu apa yang bisa kamu lakukan," kata sang putri.

"Pergilah ke pasar dan beli lah sebuah semangka dengan satu koin paisa," kata gadis itu. "Karena buah semangka terdapat sesuatu untuk dimakan, sesuatu untuk diminum, sesuatu untuk dikunyah, sesuatu untuk ditanam di kebun, dan beberapa makanan untuk sapi itu. Berikan kepada orang tuamu dan mereka akan senang."

Dengan cepat anak itu melakukan apa yang memberikan saran kepadanya.

Ketika sang istri pedagang melihat kepintaran putranya, dia sangat senang.

"Lihat," katanya kepada suaminya begitu dia pulang, "Anak kita telah mengerjakan apa yang kamu perintahkan."

"Sebenarnya, ibu," kata bocah itu, "putri seorang pandai besi menyarankan saya untuk melakukan ini."

Namun demikian, sang ayah terkesan bahwa anak itu telah menemukan solusi yang sangat bagus. Maka mereka mengundang keluarga tukang besi itu ke rumah mereka untuk makan malam. Kedua orang tua sang putri dan sang anak pedang senang melihat cinta bermekar antara dua anak muda-mudi itu. Maka sang putra saudagar itu pun menikahi sang putri tukang besi dan pemuda itu menjadi suami muda pekerja keras dan mereka semua hidup bahagia selamanya.

Source: click disini
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Statistik

 
loading...